Petunjuk Penggunaan Modul
Kegiatan pembelajaran ini bertujuan agar peserta diklat mampu menyusun rancangan dan mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur. Proses pembelajaran pada materi ini berdurasi 4 Jam Pelajaran (JP) Asinkronus, 4 JP Sinkronus pada tahap In-Service Training 1, On-Job Training, dan In-Service Training 2. Pengalaman belajar peserta diklat dibentuk melalui tahap memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan konsep Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur yaitu konsep, tahapan, dan penyusunan rancangan Inkuiri Kolaboratif.
Modul ini berhubungan dengan modul sebelumnya, yaitu Modul Penyelarasan Pembelajaran Mendalam dengan Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah dan Modul Kepemimpinan dan Pengelolaan Praktik Pedagogis, Kemitraan Pembelajaran, Penciptaan Lingkungan Belajar, dan Pemanfaatan Digital. Materi dalam modul ini disajikan secara induktif di mana praktik Kolaboratif Inkuiri sudah dilakukan pada lembar kerja (LK) modul sebelumnya, sedangkan di modul ini disajikan teori dan penjelasan langkah-langkah Inkuiri Kolaboratif.
Adapun peta konsep materi ini disajikan sebagai berikut.
Capaian Pelatihan: Penyusunan Rancangan dan Mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif Secara Terstruktur
Konsep dan Tahapan Inkuiri Kolaboratif | Penyusunan Rancangan dan implementasi Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur | |
---|---|---|
Pengalaman Belajar Asinkronus |
|
|
Pengalaman Belajar Sinkronus In-Service Training 1 |
|
|
Asesmen |
|
|
Pengalaman Belajar On-the Job Training | Mengaplikasi Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Inkuiri Kolaboratif Pelaksanaan Rencana Tindak Lanjut | |
Pengalaman Belajar Sinkronus In-Service Training 2 | Merefleksi kegiatan dengan menyusun laporan berbagi praktik baik dan gelar karya | Merefleksi kegiatan dengan menyusun laporan berbagi praktik baik dan gelar karya |
Tabel 1. Alur Pembelajaran Materi Penyusunan Rancangan dan mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif
Kegiatan pembelajaran ini bertujuan agar kepala sekolah mampu menyusun rancangan dan mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur.
Modul ini mencakup keseluruhan tahapan kegiatan 4 Jam Pelajaran (JP) Asinkronus, 4 JP Sinkronus pada tahap In-Service Training 1, On-Job Training, dan In-Service Training 2. Adapun ruang lingkup modul terbagi sebagai berikut
Pengalaman belajar peserta diklat dibentuk melalui tahap memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan tentang konsep dan tahapan Inkuiri Kolaboratif serta penyusunan rancangan dan mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur.