Minggu, 05-10-2025
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>

IN1.4.G.3. Aktivitas Pelatihan

Diterbitkan : Rabu, 6 Agustus 2025

Mari Berdiskusi

  1. Silahkan Anda  berdiskusi dalam kelompok untuk berbagi praktik baik terkait praktik pembelajaran guru-guru  dan dukungan program  di Satuan Pendidikan Anda  yang berorientasi pada  Pembelajaran Mendalam!
  2. Catatlah  praktik pembelajaran dan dukungan Kepala Satuan Pendidikan lain yang belum dilakukan di Satuan Pendidikan Anda!!
  3. Presentasikan hasil catatan Anda di depan peserta lain!!

Mari Berlatih

Aktivitas 1

    1. Silahkan Anda lakukan telaah  hasil identifikasi kondisi Satuan Pendidikan  masing-masing berdasarkan Rubrik Kondisi Sekolah pada pembelajaran sebelumnya;
    2. Kelompokkan setiap komponen bukti dukung ke dalam 4 elemen desain Pembelajaran Mendalam  mulai dari praktik pedagogis, penciptaan lingkungan belajar, kemitraan pembelajaran dan pemanfaatan digital;
    3. Identifikasi sumber daya/potensi  apa saja  yang menjadi  kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunity) Satuan Pendidikan yang mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam di Satuan Pendidikan Anda. Kemudian Anda masukkan hasil identifikasi kekuatan di kolom S dan peluang di kolom O pada LK 7. Unduh LK 7. (Links to an external site.);
    4. Tuliskan  jenis kebutuhan program kegiatan  apa saja yang diperlukan  untuk mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam pada 4 elemen desain pembelajaran Mendalam. Silahkan Anda t tulis pada  kolom A (Aspirations)!
    5. Tuliskan pada kolom Ide Kegiatan,  alternatif program yang bisa Anda lakukan dalam pengembangan  4  elemen desain  Pembelajaran Mendalam yang  selaras dengan Visi dan Tujuan Satuan Pendidikan  Anda   dan hasil diskusi dengan teman dalam kelompok.
    6. Berdasarkan analisis kondisi satuan Satuan Pendidikan, refleksi praktik, pemetaan sumber daya, lakukan identifikasi prioritas area program Pembelajaran Mendalam yang paling  mendesak dan realistik untuk diimplementasikan dalam RTL.
    7. Pilihlah satu program untuk mendukung implementasi program Pembelajaran Mendalam yang mensinergikan 4 kerangka Pembelajaran Mendalam (praktik pedagogis, penciptaan lingkungan belajar, kemitraan pembelajaran dan pemanfaatan digital).

Aktivitas 2:

  1. Diskusikan dalam kelompok untuk berbagi pengalaman terkait praktik baik yang sudah Anda  lakukan dalam menyusun RTL hasil pelatihan! Apa saja tahapan-tahapan yang harus dilakukan?
  2. Tantangan apa saja yang Anda hadapi dan solusi apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan tersebut!
  3. Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya untuk  mendapatkan masukan dari kelompok lainnya; Pengajar memberikan umpan balik dan penguatan.
  4. Berdasarkan ide-ide kegiatan pada LK 7, secara mandiri silahkan Anda susun sebuah Program Pengelolaan Pembelajaran Mendalam di Satuan Pendidikan Anda  untuk menguatkan 4 elemen desain Pembelajaran Mendalam yang meliputi: praktik pedagogis, kemitraan pembelajaran, penciptaan lingkungan belajar dan pemanfaatan digital! Tuliskan pada  LK 8 berikut Judul Program; Unduh LK 8. (Links to an external site.)
  5. Tuliskan tujuan kegiatan pada kolom Tujuan,   kegiatan yang terukur (specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound). Tujuan program  ini mengacu  pada  harapan yang ingin dicapai pada  Aspirations  di LK 7;
  6. Tuliskan  indikator apa saja yang ingin dicapai dari program tersebut pada kolom Indikator Keberhasilan dengan mengacu pada Result di LK 7;
  7. Uraikan pada kolom Langkah Kegiatan, tahapan dari implementasi program  yang Anda susun yang meliputi hal-hal apa saja yang dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan  refleksi, dan tindak lanjut;
  8. tuliskan sumber daya apa saja yang diperlukan  dalam implementasi program tersebut, baik Sumber Daya Manusia maupun Non Manusia; tuliskan pada kolom Sumber Daya.
  9. Tetapkan  waktu yang diperlukan untuk proses kegiatan yang Anda rencanakan, pada kolom Waktu Pelaksanaan!
  10. Tuliskan   nilai-nilai  profil lulusan yang akan  dicapai dari implementasi program tersebut, dan masukkan pada kolom 8 Profil Lulusan.

Mari Refleksi

Saatnya Anda  melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan dibawah ini:

  1. Pembelajaran apa yang Anda dapatkan setelah mengikuti pembelajaran ini?
  2. Tantangan  apa yang Anda temukan dalam menyusun RTL?
  3. Upaya apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi tantangan tersebut?
  4. Apa yang akan Anda lakukan untuk mengimplemtasikan RTL yang sudah Anda susun?

Mari Beraksi

Untuk menjadi pemimpin dalam  Pembelajaran Mendalam maka Kepala Sekolah perlu melakukan praktik inovatif yang dilakukan pemimpin Pembelajaran Mendalam yang  berbeda dibanding sekolah tradisional umumnya (Richardson, J. W., Bathon, J., & McLeod, S, (2021: 151). Praktik inovatif yang harus dilakukan Kepala Sekolah sebagai berikut:

  1. Ciptakan dan wujudkan  Visi dan Tujuan yang jelas untuk Satuan Pendidikan;
  2. Ciptakan  Agensi dalam Pembelajaran, di mana murid diberikan kendali atas proses belajar mereka;
  3. Berikan kepercayaan kepada guru, untuk memperkuat  otonomi dan keahlian guru dalam menetapkan metode pengajaran;
  4. Kembangkan pemikiran untuk  terbuka pada ide baru, sehingga mendorong budaya inkuiri kolaboratif di Satuan Pendidikan;
  5. Komunikasikan adanya perubahan, untuk memastikan semua  warga Satuan Pendidikan mendapatkan informasi  yang jelas terkait  perubahan yang terjadi;
  6. Terapkan  pola pikir yang berorientasi pada equity (hak/kepentingan), untuk mengatasi ketidakadilan yang ada dalam pendidikan;
  7. Kembangkan  keberanian untuk berada di luar zona nyaman,  di mana pemimpin berani mengambil langkah berbeda dari praktik tradisional yang sudah ada.

 

Penulis : admin

Tulisan Lainnya

IN1.4.B.1. Pengantar Materi

Dibaca : 22 kali

IN1.4.D.2. Refleksi Awal

Dibaca : 26 kali

IN1.3.B.4. Refleksi Akhir

Dibaca : 31 kali

Archives

"Ami Lete Mena"

Pengumuman