Minggu, 05-10-2025
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>

IN1.4.E.3. Aktivitas Pelatihan

Diterbitkan : Rabu, 6 Agustus 2025

Mari Berdiskusi

Mari cermati dan diskusikan gambar di bawah ini.

Silahkan sampaikan pendapat Anda terkait  gambar 3 dan mengaitkannya dengan apa yang sudah diimplementasikan di sekolah (2 orang perwakilan peserta). Masing-masing menyampaikan paparan dalam 2 menit.

Gambar 4.1. Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran

generated by monica.im

Mari Berlatih

Aktivitas 1

      1. Pengajar diklat menampilkan tayangan file dalam bentuk dokumen seperti berikut ini:
        No Pemanfaatan Digital di Satuan Pendidikan Sudah Ada/Cukup Belum Ada/Kurang
        1. Kapasitas Internet bisa diakses di manapun di lingkungan satuan pendidikan
        2. Satuan Pendidikan memiliki LMS (Learning Management System) sendiri, yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran
        3. Satuan pendidikan memiliki LCD yang cukup untuk guru melaksanakan kegiatan pembelajaran
        4 Satuan Pendidikan memiliki komputer /tablet yang bisa diakses oleh murid dalam kegiatan pembelajaran
        5 Seluruh murid memiliki gawai yang berkapasitas memadai untuk mendukung kegiatan pembelajaran
        6 Guru di satuan pendidikan memiliki berbagai keterampilan digital dan menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran
    1. Pengajar diklat menanyakan satu per satu pertanyaan di atas, dan meminta peserta untuk mengangkat tangan bagi yang jawabannya sudah ada/cukup atau belum ada/kurang, dan menuliskannya di kolom pada file yang ditampilkan
    2. Pengajar diklat mengajak diskusi peserta diklat untuk setiap jawaban dari pertanyaan di atas, dengan bertanya kepada 2 peserta yang menjawab sudah ada/cukup dan 2 peserta yang menjawab belum ada/kurang. Pertanyaan terkait dengan:
      1. untuk yang menjawab sudah ada/cukup:
        1). Seperti apa pemanfaatan digital di sekolah Anda sehingga Anda menjawab  “ada/cukup” ?.  ( 2 menit per orang)
        2). Upaya apa yang sudah Anda lakukan sehingga bisa mencapai kondisi  saat ini ?. (2 menit per orang)
      2. Untuk yang menjawab belum ada/kurang:
        1). Seperti apa pemanfaatan digital di sekolah Anda sehingga Anda menjawab “belum ada/kurang”? ( 2 menit per orang, hindari curhat dan berkeluh kesah)
        2). Kendala apa yang Anda hadapi saat ini ( 2 menit per orang)

Aktivitas 2:

    1. Anda dipersilahkan untuk membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang peserta.
    2. Anda dipersilahkan untuk berdiskusi terkait dengan:

      a). Apakah Satuan Pendidikan yang memiliki kelengkapan digital, sudah mencerminkan dan menjamin pembelajaran mendalam terlaksana? (silahkan kaitkan dengan pemahaman Anda terkait dengan pengalaman belajar dan prinsip pembelajaran dalam pembelajaran mendalam)

      b).  Apakah satuan pendidikan yang belum memiliki kelengkapan digitalisasi, tidak bisa melaksanakan pembelajaran mendalam? (silahkan kaitkan dengan pemahamanAnda terkait dengan pengalaman belajar dan prinsip pembelajaran dalam pembelajaran mendalam)

    3. Setiap kelompok menuliskan jawaban pada kertas plano yang sudah disiapkan.
    4. Setiap kelompok di persilahkan  untuk menempelkan kertas plano pada tempat yang sudah disediakan.

Aktivitas 3 


Pengajar diklat memilih 2 kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
peserta diklat yang lain dipersilahkan untuk memberikan tanggapan, pertanyaan atau sanggahan. (maksimal 3 peserta diklat)

Mari Refleksi

Berdasarkan aktivitas di atas, mari kita merefleksikan kondisi riil terkait pemanfaatan digital di sekolah, dengan menjawab pertanyaan berikut ini. Unduh LK 4. Pemanfaatan TIK (Links to an external site.):

    1. Petakan kondisi riil pemanfaatan digital di sekolah Anda, apakah sudah lengkap dan cukup atau belum lengkap dan kurang atau belum ada sama sekali ?
    2. Silahkan Anda susun rencana optimalisasi digital yang akan Anda laksanakan di sekolah.

“Kalau belum ada, maka yang harus diisi adalah upaya pengadaan, kalau sudah ada tapi belum optimal mendorong pembelajaran mendalam, maka harus diisi dengan upaya pengoptimalan”

Mari Beraksi

  1. Jadilah role model dan dorong stake holder sekolah dalam pemanfaatan digital untuk menciptakan pembelajaran lebih mendalam
  2. Dorong guru untuk berani bereksperimen dengan alat dan platform digital baru yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran
  3. Adakan pelatihan dan pendampingan berkelanjutan bagi guru untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif ke dalam kelas mereka.
  4. Pastikan semua murid memiliki akses ke teknologi dan sumber daya digital yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran mereka.
  5. Buatlah support system untuk membantu guru dan murid yang mengalami kendala teknis dalam pemanfaatan TIK..
Penulis : admin

Tulisan Lainnya

IN1.4.E.2. Refleksi Awal

Dibaca : 32 kali

IN1.4.C.2. Refleksi Awal

Dibaca : 27 kali

IN1.4.D.2. Refleksi Awal

Dibaca : 27 kali

TES AWAL

Dibaca : 31 kali

Archives

"Ami Lete Mena"

Pengumuman