Mari Berdiskusi
Perhatikan gambar di bawah ini. Mari kita diskusikan apa yang Anda tangkap dari gambar ini.
/PM%20KS/Modul%205/mitra-pembelajaran.PNG)
Gambar 2.1. Kemitraan Pembelajaran
Adapun rincian peran baru masing-masing mitra, dapat diakses pada link berikut ini.
Mari Berlatih
Aktivitas 1
- Silahkan Anda membuat 5 kelompok. Masing-masing kelompok menunjuk 1 ketua.
- Ketua kelompok untuk mengambil QR Code yang sudah disiapkan terkait dengan materi Kepemimpinan dalam Kemitraan Pembelajaran untuk Pembelajaran Mendalam.
- Silahkan dalam setiap kelompok untuk memindai QR code dan membuat identifikasi terkait dengan materi yang ditugaskan:
- Apa yang Anda pahami terkait dengan topik yang ditugaskan ?
- Coba Anda identifikasi hal-hal apa yang penting pada topik yang ditugaska
- Coba Anda identifikasi hal-hal apa yang penting pada topik yang ditugaska
- Coba Jelaskan dengan singkat, mengapa topik ini penting dikuasai oleh kepala sekolah dalam kegiatan Pembelajaran Mendalam
Aktivitas 2
- Anda dipersilahkan dalam kelompok untuk menempelkan kertas plano di area yang sudah ditentuka
- Adapun prosedur pembelajaran model windows shopping dilakukan sebagai berikut:
- setiap kelompok menunjuk 1 anggota ahli untuk menjelaskan topik mereka
- anggota yang bukan anggota ahli dipersilahkan untuk berkeliling mengunjungi plano kelompok lain dan mendapatkan informasi terkait dengan topik kelompok lain.
- setiap anggota kelompok mencatat hal-hal yang penting yang diperoleh ketika mengunjungi kelompok lain.
Aktivitas 3
- Anda dipersilahkan dalam kelompok mengidentifikasi hal-hal yang baru yang belum dilaksanakan di sekolah dengan mengisi format di bawah ini: Unduh Format LKP2Links to an external site.
/PM%20KS/Modul%205/KP2/peran.PNG)
- Silahkan Anda pikirkan, hal -hal yang baru di atas, dalam pelaksanaannya apakah bisa dicapai oleh kepala sekolah saja atau membutuhkan kolaborasi dengan tim di sekolah ?. jika membutuhkan kolaborasi, siapakah yang menurut Anda yang paling sesuai silahkan isikan di tabel di atas pada kolom PIC.
Mari Refleksi
Berdasarkan hal-hal baru yang ditemukan, silahkan Anda merancang program kegiatan yang akan dilaksanakan di satuan pendidikan masing-masing sesuai dengan topik kemitraan pada Pembelajaran Mendalam pada LK 2. KemitraanLinks to an external site.
Mari Beraksi
- Bagaikan orkestra, optimalkan peran siswa, guru, orang tua, masyarakat, dan media sosial, agar tercipta harmonisasi pendidikan
- Identifikasi potensi dan bangun hubungan kemitraan dengan orang tua, organisasi/komunitas, atau media sosial untuk mendukung pembelajaran mendalam.
- Ciptakan hubungan yang nyata antara kurikulum di sekolah dengan aplikasi dunia nyata.
- Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) dan Mitra Profesi sangat penting untuk mewujudkan pendidikan yang holistik, relevan, dan berdaya saing.