Minggu, 05-10-2025
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>

IN1.3.A. Pengantar

Diterbitkan : Rabu, 6 Agustus 2025

Petunjuk Penggunaan Modul

Pembelajaran ini bertujuan agar peserta diklat mampu menyelaraskan Pembelajaran Mendalam dengan visi misi, dan tujuan satuan pendidikan. Keseluruhan proses pembelajaran pada modul ini bisa dijelaskan sebagai berikut:

  1. Asinkronus: Peserta diharapkan membaca materi modul ini di LMS selama 2 JP. Kemudian peserta akan menjawab dua (2) pertanyaan terkait modul dan relevansinya dengan professional.
  2. In Service Training 1: Peserta akan mengikuti in service training 1 yang akan berlangsung selama 40 JP. Namun modul Penyelarasan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan dengan Pembelajaran Mendalam akan berlangsung sekitar 4 JP. Proses pembelajaran pada sesi modul ini akan didominasi oleh aktivitas dan pemberian umpan balik oleh rekan peserta pelatihan sehingga penting bagi peserta untuk mempelajari materi terlebih dahulu pada sesi asinkron.
  3. On the Job Training: Pada fase On the Job Training, peserta akan diberi kesempatan untuk mempraktikkan semua pengetahuan yang didapat dari in Service Training 1 sesuai dengan rencana tindak lanjut yang kemudian dituangkan dalam laporan.
  4. In Service Training 2: Pada fase terakhir ini, peserta akan diminta memaparkan hasil kerja yang telah dilaksanakan dalam On the Job Training.

Proses pembelajaran pada materi ini berdurasi 2 JP Asinkron, 4 JP tatap muka luring pada tahap In-Service Training 1, On Job Training, dan In-Service Training 2. Pengalaman belajar peserta diklat dibentuk melalui tahap memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan praktik Penyelarasan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan dengan Pe dan memastikan adanya rasa kepemilikan warga satuan pendidikan terhadap visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.

Tujuan Pelatihan Umum

Capaian pelatihan yang diharapkan pada modul ini adalah peserta pelatihan mampu melakukan Penyelarasan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan dengan Pembelajaran Mendalam. Secara umum modul ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana menyelaraskan PM dengan visi, misi, dan tujuan Satuan Pendidikan yang telah ada? dan (2). Bagaimana menyusun strategi untuk meningkatkan rasa kepemilikan warga satuan pendidikan dalam implementasi visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan? Kedua pertanyaan tersebut akan menjadi dasar dari tujuan pelatihan yang akan dicapai dalam modul ini yaitu: Peserta mampu menyelaraskan rumusan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan dengan pembelajaran mendalam dan menyusun strategi peningkatan rasa memiliki warga satuan pendidikan.

Ruang Lingkup Modul

Modul ini mencakup keseluruhan tahapan kegiatan 3 Jam Pelajaran (JP) Asinkronus, 4 JP sinkronus pada tahap In-Service Training 1, On-Job Training, dan In-Service Training 2Adapun ruang lingkup modul terbagi sebagai berikut

  1. Materi 1: Penyegaran mengenai visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
  2. Materi 2: Penyelarasan rumusan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan yang sesuai dengan konsep Pembelajaran Mendalam;
  3. Materi 3: Prinsip peningkatan peningkatan rasa kepemilikan warga satuan pendidikan

Ketiga materi tersebut akan dipelajari dan disimulasikan oleh peserta pelatihan dalam waktu 2 jam pelajaran untuk asinkronus melalui Learning Management System (LMS) dan 4 jam pelajaran di sesi In Service Training 1.

Pengalaman belajar peserta diklat dibentuk melalui tahap memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan tentang penyelarasan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan dan peningkatan rasa kepemilikan warga satuan pendidikan terhadap visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.

Penulis : admin

Tulisan Lainnya

IN1.4.F.1. Pengantar Materi

Dibaca : 34 kali

Tes Akhir

Dibaca : 117 kali

IN1.4.B.1. Pengantar Materi

Dibaca : 22 kali

IN1.4.C.2. Refleksi Awal

Dibaca : 27 kali

IN1.2.A. Pengantar

Dibaca : 35 kali

Archives

"Ami Lete Mena"

Pengumuman