Pembelajaran ini bertujuan agar peserta diklat mampu menyelaraskan Pembelajaran Mendalam dengan visi misi, dan tujuan satuan pendidikan. Keseluruhan proses pembelajaran pada modul ini bisa dijelaskan sebagai berikut:
Proses pembelajaran pada materi ini berdurasi 2 JP Asinkron, 4 JP tatap muka luring pada tahap In-Service Training 1, On Job Training, dan In-Service Training 2. Pengalaman belajar peserta diklat dibentuk melalui tahap memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan praktik Penyelarasan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan dengan Pe dan memastikan adanya rasa kepemilikan warga satuan pendidikan terhadap visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.
Capaian pelatihan yang diharapkan pada modul ini adalah peserta pelatihan mampu melakukan Penyelarasan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan dengan Pembelajaran Mendalam. Secara umum modul ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana menyelaraskan PM dengan visi, misi, dan tujuan Satuan Pendidikan yang telah ada? dan (2). Bagaimana menyusun strategi untuk meningkatkan rasa kepemilikan warga satuan pendidikan dalam implementasi visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan? Kedua pertanyaan tersebut akan menjadi dasar dari tujuan pelatihan yang akan dicapai dalam modul ini yaitu: Peserta mampu menyelaraskan rumusan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan dengan pembelajaran mendalam dan menyusun strategi peningkatan rasa memiliki warga satuan pendidikan.
Modul ini mencakup keseluruhan tahapan kegiatan 3 Jam Pelajaran (JP) Asinkronus, 4 JP sinkronus pada tahap In-Service Training 1, On-Job Training, dan In-Service Training 2. Adapun ruang lingkup modul terbagi sebagai berikut
Ketiga materi tersebut akan dipelajari dan disimulasikan oleh peserta pelatihan dalam waktu 2 jam pelajaran untuk asinkronus melalui Learning Management System (LMS) dan 4 jam pelajaran di sesi In Service Training 1.
Pengalaman belajar peserta diklat dibentuk melalui tahap memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan tentang penyelarasan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan dan peningkatan rasa kepemilikan warga satuan pendidikan terhadap visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.