Minggu, 05-10-2025
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>

IN1.2.D. Kegiatan Pelatihan Luring 3

Diterbitkan : Rabu, 6 Agustus 2025

Pengantar

Bapak/Ibu pada kegiatan pelatihan selanjutnya Bapak/Ibu akan mengidentifikasi komponen kerangka kerja Pembelajaran Mendalam. Terdapat empat komponen yang akan Bapak/Ibu diskusikan yaitu (1) Dimensi Profil Lulusan, (2) Prinsip Pembelajaran Mendalam, (3) Pengalaman Belajar, dan (4) Kerangka Pembelajaran Mendalam.

Refleksi Awal

Sebelum mulai aktivitas pelatihan, silahkan Bapak/Ibu membaca narasi  praktik pembelajaran di bawah ini untuk menilai kadar relevansi pembelajaran dengan peran murid dalam kehidupan sehari-hari.

Suatu pagi, Ibu Rini, guru IPA, memulai pembelajaran dengan menjelaskan materi sumber energi dan penggunaannya menggunakan buku paket. Bu Rini menulis di papan tulis dan menjelaskan dengan rinci pengertian energi, macam-macam energi, sumber energi, perubahan energi, manfaat energi, dan penghematan energi. Selanjutnya murid diminta mencatat pada buku dan menjawab soal-soal pada Lembar Kerja Siswa (LKS), termasuk di dalamnya terdapat soal tentang “penghematan energi di rumah dan sekolah”.

Namun, ironisnya setelah kelas selesai dan murid pulang, baik Bu Rini maupun murid-murid membiarkan lampu di kelas tetap menyala. Pendingin ruangan juga tidak dimatikan. Ini bukan kejadian baru. Hampir setiap hari, sekolah terlihat terang benderang bahkan saat ruangan kosong. Saat ditanya mengapa tidak ada yang mematikan lampu atau pendingin ruangan, Bu Rini dan beberapa murid menjawab, “Itu kan tugas penjaga sekolah” Ironisnya, di rumah pun, Bu Rini dan murid-murid melakukan hal yang sama. Mereka sudah belajar tentang penghematan energi namun tidak memiliki kesadaran untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Berdasarkan penilaian Bapak/Ibu seberapa kuat hasil pembelajaran mempengaruhi perilaku murid dalam kehidupan sehari-hari?
  2. Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan dampak positif pembelajaran?

Aktivitas Pelatihan

Bapak/ibu sudah melakukan kegiatan 1 yaitu curah pendapat. Tentunya banyak hal yang harus bapak/ibu pelajari untuk memperkuat pemahaman tentang kerangka pembelajaran mendalam dan implementasinya.

Kegiatan yang bapak/ibu akan lakukan selanjutnya adalah diskusi dalam kelompok. Diskusi ini bertujuan untuk membantu Bapak/ibu memahami lebih dalam tentang Prinsip Pembelajaran dan Pengalaman Belajar PM.

  1. Bapak/Ibu berdiskusi secara berkelompok tentang Prinsip Pembelajaran Mendalam (Berkesadaran, Bermakna, Menggembirakan) dan Pengalaman Belajar PM (memahami, mengaplikasikan, merefleksikan).
  2. Bapak/Ibu dapat menggunakan lembar kerja berikut untuk berdiskusi. Unduh LK. (Links to an external site.)
  3. Bapak/ibu dapat menggunakan bahan bacaan yaitu naskah akademik atau dapat juga menggunakan sumber belajar lainnya.
  4. Bapak/Ibu selanjutnya memaparkan hasil kerjanya kepada seluruh peserta pelatihan, untuk mendapatkan umpan balik
  5. Bapak/Ibu setelah mendapatkan umpan balik, silahkan melakukan perbaikan bersama tim
  6. Bapak/Ibu bersama-sama membuat kesimpulan/benang merah prinsip pembelajaran mendalam dan Pengalaman Belajar mendalam

Refleksi Akhir

  1. Bagaimana pembelajaran mendalam dapat mengubah pola pikir guru terhadap proses pembelajaran?
  2. Bagaimana harapan bapak/ibu terhadap implementasi pembelajaran mendalam?
Penulis : admin

Tulisan Lainnya

IN1.3.B.4. Refleksi Akhir

Dibaca : 31 kali

Archives

"Ami Lete Mena"

Pengumuman