Pengantar
Bapak/Ibu akan melakukan sesi luring bersama Fasilitator, aktivitas yang dilakukan antara lain: sesi konfirmasi materi dan tugas yang telah dilaksanakan pada sesi daring/asinkronus, melakukan diskusi kelompok, penugasan, dan curah pendapat tentang Konsep Pembelajaran Mendalam.
Refleksi Awal
- Apa yang diharapkan terjadi dalam diri murid sebagai hasil setelah mengikuti pembelajaran?
- Bagaimana strategi yang dilakukan untuk mencapai hasil belajar murid yang diharapkan? (Berdasarkan peran Bapak/Ibu masing-masing, sebagai guru/kepala sekolah/pengawas sekolah)
Aktivitas Pelatihan
- Aktivitas 1
Bapak/Ibu diminta memahami ilustrasi gambar di bawah ini!
Gambar 1. Suasana Schooling Without Learning (Murid bersekolah namun tidak belajar) yang minim keterlibatan murid dalam proses pembelajaran. |
Mari kita curah pendapat berdasarkan Gambar 1
-
- Apakah fenomena seperti di gambar terjadi di sekolah Bapak/Ibu?
- Apa risikonya jika fenomena Schooling Without Learning terjadi di sekolah Bapak/Ibu?
- Bagaimana strategi yang dapat dilakukan agar tidak terjadi fenomena Schooling Without Learning pada murid kita?
- Aktivitas 2
-
- Bapak/Ibu selanjutnya membentuk kelompok masing-masing 4-6 orang,
- Bapak/Ibu diminta berdiskusi kelompok membuat peta pikiran tentang keterkaitan konsep memuliakan dengan prinsip pembelajaran mendalam (berkesadaran, bermakna, menggembirakan), olah hati, olah rasa, olah pikir, olah raga
- Bapak/Ibu dapat membuat peta pikiran tersebut pada atas kertas Plano yang tersedia
- Bapak/Ibu selanjutnya dapat mempresentasikan hasil diskusi dan mendapatkan umpan balik dari peserta pelatihan lainnya
Refleksi Akhir
Setelah melalui aktivitas pelatihan, mari kita melaksanakan tanya jawab reflektif sekaligus self-assessment pada selembar kertas dengan menjawab pertanyaan berikut,
- Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu terhadap konsep Pembelajaran Mendalam?
- Menurut Bapak/Ibu bagaimana Pembelajaran Mendalam dapat menjadi solusi Schooling Without Learning?