IN1.2.A. Pengantar
Diterbitkan : Rabu, 6 Agustus 2025
A. Petunjuk Penggunaan Modul |
Modul ini dirancang dengan pendekatan In-On-In (In-Service Training – On-the-Job Training – In-Service Training) dan pembelajaran asinkronus untuk memudahkan peserta dalam memahami materi secara mandiri. Berikut panduan penggunaannya:
-
- In-Service Training 1: Pelajari materi secara mandiri melalui bahan bacaan dan selesaikan penugasan yang diberikan.
- On-the-Job Training: Terapkan konsep yang dipelajari dalam praktik langsung di lingkungan kerja.
- In-Service Training 2: Presentasikan hasil implementasi, lakukan refleksi, dan diskusikan penguatan serta tindak lanjut.
Asynchronous Learning: Pembelajaran mandiri secara daring yang memungkinkan peserta pelatihan mempelajari materi sesuai ketersediaan waktu dan kecepatan belajar masing-masing. Manfaatkan waktu fleksibel untuk mempelajari modul digital dan menyelesaikan tugas secara online.
Modul ini terdiri dari 4 Kegiatan Pelatihan yaitu, KP1:
-
- KP I: Konsep Pembelajaran Mendalam
- KP II: Dimensi Profil Lulusan
- KP III: Prinsip dan Pengalaman Belajar
- KP IV: Kerangka Pembelajaran Mendalam
|
B. Tujuan Pelatihan Secara Umum |
Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan mampu:
-
- Memahami konsep pembelajaran mendalam
- Menganalisis dimensi profil lulusan
- Mengidentifikasi prinsip pembelajaran mendalam
- Mengidentifikasi Pengalaman Belajar mendalam
- Menganalisis kerangka pembelajaran mendalam
|
C. Ruang Lingkup Modul |
Modul ini mencakup:
-
- Konsep Pembelajaran Mendalam
- Prinsip Pembelajaran Mendalam
- Berkesadaran
- Bermakna
- Menggembirakan
- Pengalaman Belajar
- Memahami
- Mengaplikasi
- Merefleksi
- Kerangka Pembelajaran Mendalam
- Praktik Pedagogis
- Lingkungan Pembelajaran
- Kemitraan Pembelajaran
- Pemanfaatan Digital
Modul ini dilengkapi dengan bahan bacaan, penugasan, aktivitas luring, dan evaluasi untuk memastikan pemahaman holistik. |