Minggu, 05-10-2025
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>

IN1.5.B. Kegiatan Pelatihan Luring I Konsep dan Tahapan Inkuiri Kolaboratif

Diterbitkan : Rabu, 6 Agustus 2025

Pengantar

Pengantar Materi Pembelajaran

Materi ini bertujuan agar kepala sekolah mampu menjelaskan konsep dan tahapan Inkuiri Kolaboratif. Pembelajaran ditempuh dalam durasi waktu 1 JP secara sinkronus. Pengalaman belajar dilakukan melalui tahap memahami, mengaplikasi, dan merefleksi. Pendekatan yang digunakan adalah andragogi dengan memanfaatkan variasi metode dan strategi pembelajaran yang merangsang munculnya pembelajaran mendalam.

Kepala sekolah sebagai pelaksana utama kebijakan satuan pendidikan bertanggung jawab untuk menerapkan Pembelajaran Mendalam sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sambil terus mengembangkan praktik pedagogis yang inovatif. Hal ini mencakup penciptaan lingkungan pembelajaran yang kontekstual, pemanfaatan media digital secara optimal, serta pembentukan kemitraan dengan keluarga, komunitas, mitra profesional, serta dunia usaha dan industri untuk mendukung Pembelajaran Mendalam. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan tentang konsep Inkuiri Kolaboratif dan tahapan-tahapannya.

Refleksi Awal

Refleksi awal dilakukan dengan  menjawab pertanyaan berikut ini!

  1. Pengajar diklat mengingatkan peserta tentang bahan bacaan yang sudah dibaca saat asinkronus;
  2. Pengajar diklat menyiapkan kertas plano yang bertuliskan 3 materi pembelajaran, yaitu konsep Inkuiri Kolaboratif, tahapan Inkuiri Kolaboratif, dan rancangan Inkuiri Kolaboratif. Kertas plano ditempelkan di dinding/papan flip chart;
  3. Peserta  dibagikan kartu/post it berwarna merah dan hijau;
  4. Peserta diminta untuk maju menuju dinding /flip chart;
  5. Peserta  diminta menempelkan kartu merah untuk materi yang perlu pendalaman dan kartu hijau untuk materi yang dirasa  sudah cukup paham;
  6. Sebelum menempelkan kartu, peserta diminta untuk menuliskan alasan pada masing-masing kartu

Aktivitas Pelatihan

  1. Peserta dibagi menjadi 4 (empat) kelompok. Masing-masing kelompok diminta untuk membaca materi tentang konsep dan tahapan Inkuiri Kolaboratif;
  2. Masing-masing kelompok diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Lembar Kerja (LK) dan menuliskannya di kertas plano yang telah disediakan; Unduh LK. 01 Tahapan Inkuiri Kolaboratif. (Links to an external site.)
  3. Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan dan kelompok lain memberikan tanggapan, saran, dan pertanyaan;
  4. Pengajar diklat memberikan penguatan dan mengaitkan materi dengan tugas sebagai kepala sekolah.

 

Refleksi Akhir

Setelah melakukan aktivitas pembelajaran, peserta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan berikut

  1. Apa yang sudah Anda ketahui tentang konsep dan tahapan Inkuiri Kolaboratif?
  2. Sebagai Kepala Sekolah, dalam upaya menciptakan Inkuiri Kolaboratif pada implementasi Pembelajaran Mendalam di satuan pendidikan Anda, apa yang akan Anda lakukan?

 

Penulis : admin

Tulisan Lainnya

Pengantar Pelatihan

Dibaca : 102 kali

Archives

"Ami Lete Mena"

Pengumuman