Minggu, 05-10-2025
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>

IN1.5.A. Pengantar

Diterbitkan : Rabu, 6 Agustus 2025

Petunjuk Penggunaan Modul

Kegiatan pembelajaran ini bertujuan agar peserta diklat mampu menyusun rancangan dan mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur. Proses pembelajaran pada materi ini berdurasi 4 Jam Pelajaran (JP) Asinkronus, 4 JP Sinkronus pada tahap In-Service Training 1, On-Job Training, dan In-Service Training 2. Pengalaman belajar peserta diklat dibentuk melalui tahap memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan konsep Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur yaitu konsep, tahapan, dan penyusunan rancangan Inkuiri Kolaboratif.

Modul ini berhubungan dengan modul sebelumnya, yaitu Modul Penyelarasan Pembelajaran Mendalam dengan Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah dan Modul Kepemimpinan dan Pengelolaan Praktik Pedagogis, Kemitraan Pembelajaran, Penciptaan Lingkungan Belajar, dan Pemanfaatan Digital. Materi dalam modul ini disajikan secara induktif di mana praktik Kolaboratif Inkuiri sudah dilakukan pada lembar kerja (LK) modul sebelumnya, sedangkan di modul ini disajikan teori dan penjelasan langkah-langkah Inkuiri Kolaboratif.

Adapun peta konsep materi ini disajikan sebagai berikut.
Capaian Pelatihan: Penyusunan Rancangan dan Mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif Secara Terstruktur

Konsep dan Tahapan Inkuiri Kolaboratif Penyusunan Rancangan dan implementasi Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur
Pengalaman Belajar Asinkronus
  • Konsep Inkuiri Kolaboratif
  • Tahapan Inkuiri Kolaboratif
  • Rancangan dan Implementasi Inkuiri Kolaboratif
Pengalaman Belajar Sinkronus In-Service Training 1
  • Memahami: pengajar meminta peserta untuk membaca materi tentang konsep dan tahapan Inkuiri Kolaboratif (materi dalam bentuk QR)
  • Mengaplikasi: Peserta dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok menuliskan di kertas plano tentang tahapan Inkuiri Kolaboratif. Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan dan kelompok lain memberikan umpan balik. Pengajar diklat selanjutnya memberikan penguatan
  • Merefleksi: peserta diminta untuk melakukan refleksi terkait hal apa yang sudah dipelajari, hal yang perlu ditingkatkan, dan apa yang akan dilakukan setelah mempelajari materi.
  • Memahami: peserta diminta untuk menelaah materi Rancangan Inkuiri Kolaboratif
  • Mengaplikasi: secara berkelompok peserta diminta untuk mencermati kasus dan menganalisis dengan menggunakan tahapan Inkuiri Kolaboratif. Setelah itu peserta diminta untuk mereviu Instrumen Monitoring dan Evaluasi Inkuiri Kolaboratif
  • Merefleksi: peserta diminta untuk melakukan refleksi terkait hal apa yang sudah dipelajari, hal yang perlu ditingkatkan, dan apa yang akan dilakukan setelah mempelajari materi
Asesmen
  • LK 01 Tahapan Inkuiri Kolaboratif
  • LK 02 Analisis Studi Kasus Inkuiri Kolaboratif
  • LK 03 Reviu Instrumen Monitoring dan Evaluasi Inkuiri Kolaboratif
Pengalaman Belajar On-the Job Training Mengaplikasi Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Inkuiri Kolaboratif  Pelaksanaan Rencana Tindak Lanjut
Pengalaman Belajar Sinkronus In-Service Training 2 Merefleksi kegiatan dengan menyusun laporan berbagi praktik baik dan gelar karya Merefleksi kegiatan dengan menyusun laporan berbagi praktik baik dan gelar karya

Tabel 1. Alur Pembelajaran Materi Penyusunan Rancangan dan mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif

 

Tujuan Pelatihan Umum

Kegiatan pembelajaran ini bertujuan agar kepala sekolah mampu menyusun rancangan dan mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur.

Ruang Lingkup Modul

Modul ini mencakup keseluruhan tahapan kegiatan 4 Jam Pelajaran (JP) Asinkronus, 4 JP Sinkronus pada tahap In-Service Training 1, On-Job Training, dan In-Service Training 2Adapun ruang lingkup modul terbagi sebagai berikut

  1. Materi 1: Konsep dan Tahapan Inkuiri Kolaboratif yang ditempuh dalam 2 JP secara asinkronus dan 2 JP secara sinkronus;
  2. Materi 2: Penyusunan Rancangan dan Implementasi Inkuiri Kolaboratif secara Terstruktur ditempuh dalam 2 JP secara asinkronus dan 2 JP secara sinkronus.

Pengalaman belajar peserta diklat dibentuk melalui tahap memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikan tentang konsep dan tahapan Inkuiri Kolaboratif serta penyusunan rancangan dan mengimplementasikan Inkuiri Kolaboratif secara terstruktur.

Archives

"Ami Lete Mena"

Pengumuman