Mari Berdiskusi
- Silahkan Anda berdiskusi dalam kelompok untuk berbagi praktik baik terkait praktik pembelajaran guru-guru dan dukungan program di Satuan Pendidikan Anda yang berorientasi pada Pembelajaran Mendalam!
- Catatlah praktik pembelajaran dan dukungan Kepala Satuan Pendidikan lain yang belum dilakukan di Satuan Pendidikan Anda!!
- Presentasikan hasil catatan Anda di depan peserta lain!!
Mari Berlatih
Aktivitas 1
-
- Silahkan Anda lakukan telaah hasil identifikasi kondisi Satuan Pendidikan masing-masing berdasarkan Rubrik Kondisi Sekolah pada pembelajaran sebelumnya;
- Kelompokkan setiap komponen bukti dukung ke dalam 4 elemen desain Pembelajaran Mendalam mulai dari praktik pedagogis, penciptaan lingkungan belajar, kemitraan pembelajaran dan pemanfaatan digital;
- Identifikasi sumber daya/potensi apa saja yang menjadi kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunity) Satuan Pendidikan yang mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam di Satuan Pendidikan Anda. Kemudian Anda masukkan hasil identifikasi kekuatan di kolom S dan peluang di kolom O pada LK 7. Unduh LK 7. (Links to an external site.);
- Tuliskan jenis kebutuhan program kegiatan apa saja yang diperlukan untuk mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam pada 4 elemen desain pembelajaran Mendalam. Silahkan Anda t tulis pada kolom A (Aspirations)!
- Tuliskan pada kolom Ide Kegiatan, alternatif program yang bisa Anda lakukan dalam pengembangan 4 elemen desain Pembelajaran Mendalam yang selaras dengan Visi dan Tujuan Satuan Pendidikan Anda dan hasil diskusi dengan teman dalam kelompok.
- Berdasarkan analisis kondisi satuan Satuan Pendidikan, refleksi praktik, pemetaan sumber daya, lakukan identifikasi prioritas area program Pembelajaran Mendalam yang paling mendesak dan realistik untuk diimplementasikan dalam RTL.
- Pilihlah satu program untuk mendukung implementasi program Pembelajaran Mendalam yang mensinergikan 4 kerangka Pembelajaran Mendalam (praktik pedagogis, penciptaan lingkungan belajar, kemitraan pembelajaran dan pemanfaatan digital).
Aktivitas 2:
- Diskusikan dalam kelompok untuk berbagi pengalaman terkait praktik baik yang sudah Anda lakukan dalam menyusun RTL hasil pelatihan! Apa saja tahapan-tahapan yang harus dilakukan?
- Tantangan apa saja yang Anda hadapi dan solusi apa yang sudah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan tersebut!
- Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya untuk mendapatkan masukan dari kelompok lainnya; Pengajar memberikan umpan balik dan penguatan.
- Berdasarkan ide-ide kegiatan pada LK 7, secara mandiri silahkan Anda susun sebuah Program Pengelolaan Pembelajaran Mendalam di Satuan Pendidikan Anda untuk menguatkan 4 elemen desain Pembelajaran Mendalam yang meliputi: praktik pedagogis, kemitraan pembelajaran, penciptaan lingkungan belajar dan pemanfaatan digital! Tuliskan pada LK 8 berikut Judul Program; Unduh LK 8. (Links to an external site.)
- Tuliskan tujuan kegiatan pada kolom Tujuan, kegiatan yang terukur (specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound). Tujuan program ini mengacu pada harapan yang ingin dicapai pada Aspirations di LK 7;
- Tuliskan indikator apa saja yang ingin dicapai dari program tersebut pada kolom Indikator Keberhasilan dengan mengacu pada Result di LK 7;
- Uraikan pada kolom Langkah Kegiatan, tahapan dari implementasi program yang Anda susun yang meliputi hal-hal apa saja yang dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi, dan tindak lanjut;
- tuliskan sumber daya apa saja yang diperlukan dalam implementasi program tersebut, baik Sumber Daya Manusia maupun Non Manusia; tuliskan pada kolom Sumber Daya.
- Tetapkan waktu yang diperlukan untuk proses kegiatan yang Anda rencanakan, pada kolom Waktu Pelaksanaan!
- Tuliskan nilai-nilai profil lulusan yang akan dicapai dari implementasi program tersebut, dan masukkan pada kolom 8 Profil Lulusan.
Mari Refleksi
Saatnya Anda melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan dibawah ini:
- Pembelajaran apa yang Anda dapatkan setelah mengikuti pembelajaran ini?
- Tantangan apa yang Anda temukan dalam menyusun RTL?
- Upaya apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi tantangan tersebut?
- Apa yang akan Anda lakukan untuk mengimplemtasikan RTL yang sudah Anda susun?
Mari Beraksi
Untuk menjadi pemimpin dalam Pembelajaran Mendalam maka Kepala Sekolah perlu melakukan praktik inovatif yang dilakukan pemimpin Pembelajaran Mendalam yang berbeda dibanding sekolah tradisional umumnya (Richardson, J. W., Bathon, J., & McLeod, S, (2021: 151). Praktik inovatif yang harus dilakukan Kepala Sekolah sebagai berikut:
- Ciptakan dan wujudkan Visi dan Tujuan yang jelas untuk Satuan Pendidikan;
- Ciptakan Agensi dalam Pembelajaran, di mana murid diberikan kendali atas proses belajar mereka;
- Berikan kepercayaan kepada guru, untuk memperkuat otonomi dan keahlian guru dalam menetapkan metode pengajaran;
- Kembangkan pemikiran untuk terbuka pada ide baru, sehingga mendorong budaya inkuiri kolaboratif di Satuan Pendidikan;
- Komunikasikan adanya perubahan, untuk memastikan semua warga Satuan Pendidikan mendapatkan informasi yang jelas terkait perubahan yang terjadi;
- Terapkan pola pikir yang berorientasi pada equity (hak/kepentingan), untuk mengatasi ketidakadilan yang ada dalam pendidikan;
- Kembangkan keberanian untuk berada di luar zona nyaman, di mana pemimpin berani mengambil langkah berbeda dari praktik tradisional yang sudah ada.