Pengantar Materi Pembelajaran
Materi ini bertujuan agar Anda mampu menyusun program pengelolaan Pembelajaran Mendalam. Pengalaman belajar dilakukan melalui tahap memahami, mengaplikasi, dan merefleksi. Pendekatan yang digunakan adalah andragogi dengan memanfaatkan variasi metode dan strategi pembelajaran yang mendorong munculnya Pembelajaran Mendalam.
Implementasi Pembelajaran Mendalam tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya perencanaan yang matang dan terstruktur. Oleh karena itu penyusunan rancangan Program Pembelajaran Mendalam memegang peran krusial sebagai peta jalan yang jelas dan terarah bagi seluruh warga Satuan Pendidikan. Program ini bisa dalam bentuk Rencana Tindak Lanjut (RTL), sebagai kelanjutan dari program pelatihan. RTL bukan sekadar dokumen formal, melainkan sebuah panduan strategis yang mengartikulasikan langkah-langkah konkret, tanggung jawab yang terukur, dan linimasa yang realistis dalam mengintegrasikan prinsip dan komponen Pembelajaran Mendalam ke dalam seluruh aspek pembelajaran.
Tanpa RTL yang komprehensif, potensi transformatif dari Pembelajaran Mendalam berisiko tidak terealisasi secara optimal, bahkan dapat menimbulkan kebingungan dan ketidakefektifan dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, kemampuan Kepala Sekolah dalam penyusunan RTL yang partisipatif, terukur, dan responsif terhadap kebutuhan murid dan Satuan Pendidikan menjadi sangat esensial untuk memastikan implementasi Pembelajaran Mendalam berjalan sukses dan memberikan dampak signifikan bagi perkembangan murid secara holistik.