Mari Berdiskusi
- Silahkan Anda lakukan diskusi tentang Rubrik Kondisi Sekolah untuk Pengembangan Implementasi Pembelajaran Mendalam.
- Silahkan Anda identifikasi ide-ide/gagasan kegiatan yang dapat mendukung implementasi 4 (empat) elemen desain Pembelajaran Mendalam sesuai dimensi rubrik kondisi sekolah;
- Masing-masing peserta mengajukan satu ide gagasan untuk setiap komponen dengan pembagian satu orang untuk satu dimensi (Visi & Tujuan Sekolah, Kepemimpinan, Budaya Kolaboratif; Kedalaman Pembelajaran, dan Pengukuran & Evaluasi) dan menuliskannya di kertas post it dan menempelkannya di kertas plano yang telah disediakan pada LK 5; Unduh K 5. (Links to an external site.)
- Kemudian Anda diskusikan kembali gagasan-gagasan yang muncul dari masing-masing anggota untuk mencari kesepakatan dan menentukan kondisi yang paling dibutuhkan terkait 4 elemen desain di atas untuk mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam.
- Buatlah kesepakatan pada kelompok Anda berdasarkan ide-ide gagasan yang sudah terkumpul, kemudian kelompokkan ide yang sama dan organisir ide-ide yang berbeda yang dapat mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam.
- Kelompokkan ide/gagasan yang sama, kemudian silahkan Anda sepakati bersama yang akan dipilih. Ide yang sama dan tidak disepakati dikelompokkan tersendiri;
Mari Berlatih
Aktivitas 1
Mari kita lakukan analisis kondisi sekolah masing-masing!
- Silahkan Anda cermati Rubrik Kondisi Sekolah, Unduh Rubrik (Links to an external site.) yang mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam;
- Silahkan Anda lakukan identifikasi kondisi sumber daya/kapasitas sekolah masing-masing untuk setiap elemen yang mendukung Pembelajaran Mendalam dengan melihat kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunity);
- Refleksikan dengan sebenarnya kondisi Satuan Pendidikan Anda sesuai dengan levelnya!
- Silahkan Anda tuliskan pada LK 6 hasil refleksi kondisi Satuan Pendidikan Anda sesuai levelnya pada salah satu kolom (terbatas, bertumbuh, meningkat, maju) dan berikan alasannya, mengapa ada pada level tersebut pada kolom Catatan Kritis, beserta bukti dukungnya! Unduh LK 6. (Links to an external site.)
- Perwakilan peserta, mempresentasikan hasil analisis kondisi satuan pendidikannya..
Mari Refleksi
Berdasarkan aktivitas pembelajaran sebelumnya, silahkan lakukan refleksi terkait pengalaman belajar Anda dengan menjawab pertanyaan berikut:
- Pengalaman belajar apa saja yang Anda dapatkan dalam mengidentifikasi kondisi di Satuan Pendidikan Anda?
- Komponen apa saja yang menurut Anda sudah sesuai dengan Rubrik Kondisi Sekolah dan komponen apa saja yang perlu ditingkatkan?
- Apa rencana kegiatan yang akan Anda lakukan untuk meningkatkan kapasitas Satuan Pendidikan Anda untuk mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam?
Mari Beraksi
- Selaraskan visi dan tujuan Satuan Pendidikan Anda secara eksplisit mengintegrasikan prinsip-prinsip Pembelajaran Mendalam dan dikomunikasikan secara efektif kepada warga Satuan Pendidikan dan seluruh pemangku kepentingan, serta menjadi landasan bagi semua gagasan dan praktik pembelajaran di Satuan Pendidikan;
- Terapkan kepemimpinan yang visioner dan transformatif dengan secara aktif mempromosikan, mendukung, dan mengalokasikan sumber daya/kapasitas yang diperlukan untuk implementasi Pembelajaran Mendalam di Satuan Pendidikan, serta membangun kapasitas guru dan staf untuk menerapkan Pembelajaran Mendalam;
- Kembangkan budaya sekolah yang mendorong kolaborasi aktif antar guru, siswa, orang tua, dan masyarakat dalam merencanakan, melaksanakan, dan merefleksikan praktik Pembelajaran Mendalam untuk meningkatkan hasil belajar murid secara holistik.
- Rancang dan implementasikan kurikulum serta strategi pembelajaran yang berfokus pada pengembangan pemahaman konseptual yang mendalam, keterampilan berpikir kritis dan kreatif, serta kemampuan memecahkan masalah melalui tugas-tugas autentik dan relevan yang mendorong keterlibatan aktif dan refleksi murid.
- Kembangkan sistem pengukuran dan evaluasi yang komprehensif dan otentik untuk memantau kemajuan siswa dalam mencapai pemahaman yang mendalam, keterampilan abad ke-21, dan disposisi belajar, serta menggunakan data tersebut untuk menginformasikan perbaikan berkelanjutan dalam praktik pembelajaran dan pengambilan keputusan di tingkat Satuan Pendidikan.