<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
<strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
Perhatikan karakteristik kelas menurut Fullan & Quinn, 2016, berikut ini. Mari kita diskusikan, sebagai kepala sekolah, apakah Anda sudah memastikan kelas-kelas memiliki karakteristik tersebut?.
Mari Berlatih
Aktivitas 1
Anda dipersilahkan membuat 5 kelompok. Masing-masing kelompok menunjuk 1 ketua.
Silahkan Anda perhatikan kembali video pembelajaran pada kegiatan pembelajaran 1
Pengajar diklat Mari kita perhatikan video pembelajaran berikut.
Aktivitas 1 : Pak Deden Suryanto adalah kepala SMK Negeri 1 Subang, Pada Hari Senin, pukul 09.00 melakukan monitoring lingkungan sekolah untuk menemukan berbagai kondisi terkini di sekolah untuk bahan merancang program berikutnya.
Aktivitas 2 :
Berdasarkan kasus di atas, setiap kelompok dipersilahkan untuk berdiskusi dan mengisi format .
Silahkan Anda sampaikan hasil pekerjaan kelompok (2 kelompok perwakilan).
Bagi kelompok lain yang tidak bertugas presentasi, dipersilahkan untuk bertanya terkait hal yang belum disepakati bersama, maksimal 2 orang.
Kasus 3
Silahkan Anda cermati kasus di bawah ini dalam kelompok
Pada hari Kamis, pukul 10.00 Bu Dian Rahmawati sebagai Kepala di SMA Cibarusah, kedatangan salah seorang guru yang bernama Pak Agus Wahyu. Pak Agus Wahyu adalah koordinator PJBL di sekolah. Maksud kedatangan beliau adalah untuk mengajukan program PJBL di luar sekolah. Adapun lokasi yang dituju adalah Kampung Naga di Tasikmalaya. Kampung Naga di Tasikmalaya merupakan perkampungan tradisional Sunda yang dihuni oleh masyarakat yang memegang teguh adat istiadat nenek moyangnya.
Aktivitas 1 :
Silahkan Anda diskusikan dalam kelompok terkait dengan:
Sebagai kepala sekolah apakah Anda akan menyetujui program yang diajukan guru tersebut ?. Berikan alasannya ?
Apa yang harus Anda tekankan kepada guru tersebut, terkait dengan pembelajaran yang selaras dengan Pembelajaran Mendalam
Pengelolaan lingkungan belajar seperti apa menurut Anda yang mencerminkan Pembelajaran Mendalam ?
Apakah pengelolaan lingkungan belajar di sekolah Anda saat ini sudah mengarah kepada Pembelajaran Mendalam ?
Jika sudah, bagaimana cara untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan belajar di sekolah Anda, dan jika belum apa yang akan Anda lakukan dalam pengelolaan lingkungan belajar di sekolah?.
Pengelolaan lingkungan belajar merupakan hasil kolaborasi berbagai elemen yang ada di sekolah, menurut Anda elemen apa saja yang terlibat dalam pengelolaan sekolah ? silahkan jelaskan peran dari masing-masing elemen tersebut
Mari Beraksi
Ciptakan suasana yang aman dan inklusif dimana semua murid merasa dihargai dan dihormati dalam segala keberagamannya
Rangsang dan beri kebebasan murid untuk aktif bertanya secara kritis
Berdayakan murid untuk aktif dalam pembelajaran dengan mengakomodir pilihan dan aspirasi mereka dalam proses pembelajaran.