Materi ini bertujuan agar peserta diklat mampu melakukan praktik analisis kesenjangan dan menyelaraskan Pembelajaran Mendalam dengan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, yang ditempuh dalam 4 JP secara sinkronus. Pengalaman belajar dilakukan melalui tahap memahami, mengaplikasi, dan merefleksi. Pendekatan yang digunakan adalah andragogi dengan memanfaatkan variasi metode dan strategi pembelajaran yang lebih menekankan pada kolaborasi dan partisipasi kelompok dalam diskusi dan studi kasus, sehingga menjadi pemantik atau trigger ke arah Pembelajaran Mendalam
Pengajar diklat akan membagi peserta menjadi lima (5) kelompok. Masing-masing kelompok akan melakukan diskusi terkait isu-isu yang terdapat dalam bahan bacaan pada sesi asinkronus dengan topik yang telah ditentukan. Total waktu yang dibutuhkan dalam aktivitas ini adalah 70 menit yang di dalamnya termasuk aktivitas diskusi kelompok, paparan, dan diskusi antar kelompok.
Kelompok 1: Pentingnya penyelarasan Pembelajaran Mendalam ke dalam visi, misi dan tujuan satuan pendidikan.
Pertanyaan:
Kelompok 2: Visi, misi dan tujuan yang hidup dalam konteks satuan pendidikan.
Pertanyaan:
Kelompok 3: Prinsip-prinsip kepemilikan visi, misi, dan tujuan oleh warga satuan pendidikan
Pertanyaan:
Kelompok 4: Keterkaitan SMART dengan Pembelajaran Mendalam
Pertanyaan:
Kelompok 5: Tantangan dalam praktik
Pertanyaan