Bapak/Ibu sebagai pengantar mari kita mencermati tujuan pendidikan Indonesia dan mengidentifikasi relevansinya dengan Pembelajaran Mendalam. Di dalam UUD 1945 pada alinea ke-4 menyatakan bahwa salah satu tujuan dari pendidikan nasional Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan yang bermutu merupakan hak setiap warga negara tanpa terkecuali.
Pasal 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menekankan pada suasana belajar dan proses pembelajaran agar murid secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Selanjutnya Pasal 3 Undang-undang Sisdiknas mengamanatkan agar Pendidikan ditujukan untuk mengembangkan potensi murid agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Bagi KH Dewantara tujuan dari dilakukannya proses pendidikan adalah untuk “menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginya” (Dewantara, 1961: 20). Pendidikan tidak hanya menjadi sarana untuk memperoleh pengetahuan, tetapi juga sebagai instrumen transformasi sosial yang memungkinkan manusia terus berkembang seiring perubahan zaman. Oleh karena itu pendidikan yang ideal tidak hanya mencerdaskan, tetapi juga memerdekakan, membentuk karakter, dan memberdayakan manusia untuk berkontribusi positif kepada masyarakat. Setelah melakukan brainstorming menurut analisis Bapak/Ibu bagaimana kontribusi Pembelajaran Mendalam dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional?
Pada mata pelatihan ini diharapkan Bapak/Ibu mampu menganalisis dimensi profil lulusan.
Bapak/Ibu mari kita bersama-sama mencermati keterkaitan antara Tujuan Pendidikan Nasional dan Delapan Dimensi Profil Lulusan
![]() |
|
Aktivitas
Bapak/Ibu setelah melakukan aktivitas pelatihan, mari kita tanya jawab reflektif dan melakukan self-assessment pada selembar kertas dengan menjawab pertanyaan berikut,