Minggu, 05-10-2025
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>
  • <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong> <strong>TERWUJUDNYA SMP NEGERI 5 LEIHITU YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN</strong>

IN1.2.B. Kegiatan Pelatihan Luring 1

Diterbitkan : Rabu, 6 Agustus 2025

Pengantar

Bapak/Ibu akan melakukan sesi luring bersama Fasilitator, aktivitas yang dilakukan antara lain: sesi konfirmasi materi dan tugas yang telah dilaksanakan pada sesi daring/asinkronus, melakukan diskusi kelompok, penugasan, dan curah pendapat tentang Konsep Pembelajaran Mendalam.

Refleksi Awal

 

  1. Apa yang diharapkan terjadi dalam diri murid sebagai hasil setelah mengikuti pembelajaran?
  2. Bagaimana strategi yang dilakukan untuk mencapai hasil belajar murid yang diharapkan? (Berdasarkan peran Bapak/Ibu masing-masing, sebagai guru/kepala sekolah/pengawas sekolah)

Aktivitas Pelatihan

  1. Aktivitas 1

Bapak/Ibu diminta memahami ilustrasi gambar di bawah ini!

Gambar 1. Suasana Schooling Without Learning (Murid bersekolah namun tidak belajar) yang minim keterlibatan murid dalam proses pembelajaran.

Mari kita curah pendapat berdasarkan Gambar 1

    1. Apakah fenomena seperti di gambar terjadi di sekolah Bapak/Ibu?
    2. Apa risikonya jika fenomena Schooling Without Learning terjadi di sekolah Bapak/Ibu?
    3. Bagaimana strategi yang dapat dilakukan agar tidak terjadi fenomena Schooling Without Learning pada murid kita?
  1. Aktivitas 2
    1. Bapak/Ibu selanjutnya membentuk kelompok masing-masing 4-6 orang,
    2. Bapak/Ibu diminta berdiskusi kelompok membuat peta pikiran tentang keterkaitan konsep memuliakan dengan prinsip pembelajaran mendalam (berkesadaran, bermakna, menggembirakan), olah hati, olah rasa, olah pikir, olah raga
    3. Bapak/Ibu dapat membuat peta pikiran tersebut pada atas kertas Plano yang tersedia
    4. Bapak/Ibu selanjutnya dapat mempresentasikan hasil diskusi dan mendapatkan umpan balik dari peserta pelatihan lainnya

Refleksi Akhir

Setelah melalui aktivitas pelatihan, mari kita melaksanakan tanya jawab reflektif sekaligus self-assessment pada selembar kertas dengan menjawab pertanyaan berikut,

  1. Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu terhadap konsep Pembelajaran Mendalam?
  2. Menurut Bapak/Ibu bagaimana Pembelajaran Mendalam dapat menjadi solusi Schooling Without Learning?

Archives

"Ami Lete Mena"

Pengumuman