1. Pengantar
Kali ini kita akan mempelajari sebuah “ketrampilan utama” yang perlu Bapak/Ibu kuasai agar bisa digunakan pada saat berhadapan dengan orang yang menunjukkan orientasi PPT. Intervensi Pola Pikir yang diteliti oleh PERTS di Universitas Stanford dan terbukti memberikan hasil yang baik sehingga banyak diadopsi oleh banyak kalangan khususnya dalam pendidikan. Intervensi Pola Pikir ibarat “senjata andalan” bagi Bapak/Ibu dalam upaya untuk mengatasi orang yang berorientasi PPT lewat kemampuan “komunikasi efektif” seperti yang dibahas oleh Brock dan Hundley dalam bukunya In Other Words: Pharases for Growth Mindset (2018). Pada Bagian Tiga buku itu, kedua penulis menegaskan kekuatan dari pujian proses serta strategi untuk membangun hubungan yang kuat antara guru dan murid
Sebelum memulai aktivitas pelatihan ini, ada baiknya kita lihat kembali prosedur Intervensi Pola Pikir yang ada dalam Bahan Bacaan.
/Materi%20Umum/Pola%20Pikir%20Bertumbuh%20(Growth%20Mindset)/IPP.png)
2. Refleksi Awal
Sebelum melakukan aktivitas kelompok, Bapak/Ibu mari kita melakukan refleksi awal dengan memikirkan beberapa hal berikut ini :
- Apa yang selama ini yang telah kita lakukan bila melihat ada murid yang mengalami kesulitan dalam belajar dan terlihat ingin menyerah ?
- Apakah tindakan yang dilakukan bisa memperbaiki keadaan atau sebaliknya malahan memperburuk keadaan?.
- Apakah ada pihak lain yang kita libatkan dalam upaya mencari solusi untuk mengatasi masalah ini seperti : guru BK atau Orangtua murid ybs?
3. Aktivitas Pelatihan
-
- Bagi peserta menjadi beberapa kelompok dan minta mereka untuk mempelajari prosedur Intervensi Pola Pikir seperti di atas.
- Lalu minta setiap kelompok untuk menyusun prosedur Intervensi dengan kalimat-kalimat sendiri namun dengan tujuan yang tetap sama dengan semula lalu isikan ke Lembar Kerja berikut ini.
Unduh Lembar Kerja Intervensi Pola Pikir (Links to an external site.)
- Selanjutnya praktekkan di dalam setiap kelompok secara bergantian prosedur Intervensi Pola Pikir ini ke teman sesama kelompok sambil melihat apakah ada kata-kata yang perlu direvisi, ditambah atau dikurangi.
- Setelah itu, setiap kelompok memaparkan prosedur Intervensi Pola Pikir kepada seluruh kelompok lainnya dan boleh ada proses Tanya jawab atau masukan dari peserta lainnya.
- Inti dari aktivitas ini adalah memberikan pemahaman dasar tentang “prosedur” untuk melakakukan Intervensi Pola Pikir secara efektif.
- Kirimkan/unggah tabel yang sudah diisi, dalam format pdf
4. Refleksi Akhir
Setelah Bapak/Ibu merancang prosedur dan berlatih untuk melakukan Intervensi Pola Pikir, mari kita melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan berikut:
- Apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan efektivitas dari Intervensi Pola Pikir ini khususnya saat berhadapan dengan murid yang selama ini terkesan berorientasi pada PPT sehingga “mudah menyerah” pada saat mengalami kesulitan dalam belajar?
- Apa ada pihak lain yang perlu kita libatkan dalam Intervensi Pola Pikir ini dengan tujuan agar lebih efektif?
- Bagaimana cara menjaga dan meningkatkan bila kita melihat Intervensi Pola Pikir ini telah memberikan hasil yang positif yang tampak dalam perubahan sikap dari murid ybs?